Resep Gethuk Runting Khas Pati

Cara Membuat Gethuk Runting Khas Pati
  

Apa sih Gethuk Runting itu? Gethuk runting adalah jajanan pasar khas dari Desa Runting, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Gethuk runting terbuat dari bahan dasar ketela pohon atau singkong dengan taburan parutan kelapa dan gula merah di atasnya. Saat ini, getuk runting menjadi oleh-oleh khas Pati yang bukan hanya enak, tetapi juga legit dan menggigit.

Gethuk runting bisa dijumpai di berbagai daerah di Kota Pati, terutama di sepanjang jalan Pati-Tayu yang menjadi wilayah Desa Runting. Getuk runting memiliki cita rasa yang manis, pulen, empuk, sedikit lengket, dan menggigit. Belum lagi taburan parutan kelapa di atasnya yang membuat cita rasa getuk runting semakin terasa.
Makanan khas gethuk runting ini menggunakan bahan dasar singkong, Singkong yang mulanya dikukus hingga matang ini, kemudian ditumbuk hingga halus dan ditambahi dengan sedikit garam untuk menambahkan rasa gurih pada getuk ini. Getuk ini umumnya disajikan dengan tambahan taburan kelapa parut dan serundeng atau di celup gula merah. Kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Dengan harga yang terjangkau anda sudah bisa menikmati makanan ini. Gethuk ini tidak hanya bisa dinikmati di daerah asalnya, tetapi juga bisa dinikmati di rumah anda sendiri khususnya di dapur rumah anda. Dengan berbekal resep gethuk  khas pati, anda bisa membuat hidangan ini menjadi menu andalan keluarga. Mari baca resep selanjutnya.

Spesial untuk anda yang ingin menikmati masakan ini berikut Resep Cara Membuat Gethuk Runting Khas Pati dibawah ini :
Resep Gethuk Runting

Bahan:
Air untuk mengukus
 ½ kg singkong, kupas, potong-potong
 150 gr gula pasir/Gula Jawa
 ½ sendok teh garam dapur
 ½ buah kelapa, parut dan kukus
 Pewarna makanan secukupnya

Jika ingin gethuk yang berwarna putih kita sebaiknya memakai gula pasir, untuk warna merah menggunakan gula jawa sedangkan warna hijau didapat dari perasan daun Suji.

Cara Membuat Gethuk Runting :
1. Singkong dikupas kulitnya, kemudian dicuci bersih dan dipotong-potong sekitar 5 cm.
2. Rebus singkong sampai matang. Angin-anginkan sampai uapnya hilang.
3. Campur singkong – sedikit Garam – Gula. Hancurkan sampai lumat.
4. Beri pewarna bila suka.
5. Sajikan hangat dengan taburan parutan kelapa.

Nah dengan demikianlah akhir dari pembahasan kami semoag resep ini cukup bermanfaat untuk anda!!!

0 comments

Sambal ijo ala semua resep ibu

Sambal ijo, kuliner satu ini sering dijumpai di masakan padang, biasa disantap dengan rebusan daun singkong. Untuk tingkat kepedasan bisa di...